Peluang Usaha Rumahan Kripik Singkong Beledag Khas Ciamis

Posted by

Didaerah ciamis kini sedang trend dengan kripik super pedas yang dinamakan kripik beledag. beledag dalam bahasa indonesia artinya meledak, meledak yang dimaksud adalah meledak pedas rasanya, serupa dengan kripik setan kripik beledag berbahan baku singkong, dari ciamis pemasarannya sudah cukup meluas hingga ke Sukabumi, Tasikmalaya, Garut  Cianjur, Purwakarta dan Bandung, dengan rasanya yang khas dan banyak peminat kripik beledag ini sangat laku dipasaran. Jika tertarik dengan peluang usaha rumahan kripik beledag khas ciamis anda bisa mencobanya.
berikut jenis usaha yang bisa dilakukan:

1. Penyuplai Singkong
didaerah ciamis saat ini harga singkong dari petaninya kisaran Rp. 1000 - Rp. 1200. jika didaerah anda dengan harga dari petani singkong Rp. 500 kebawah maka anda bisa menjadi penyuplai singkong ke daerah ciamis atau  bisa dijual kepara produsen kripik singkong dimanapun berada.

2. Produksi Bahan Mentah Kripik Beledag
Produksi kripik beledag cukup membutuhkan waktu yang lama cara produksinya
- bahan: singkong.
- alat : alat untuk memipihkan seperti dengan kaca atau papan, tempat penjemuran, alat masak seperti wajan/katel yang besa, plastik besar.
-  cara pengolahan

  • singkong di parut (bisa menggunakan jasa pemarutan singkong).
  • rendam hasil parutan selama 1 hari satu malam.
  • didihkan air secukupnya di wajan yang besar, masukkan singkong yang sudah diparut tersebut dan aduk hingga matang, jika sudah matang maka dinginkan.
  • singkong yang sudah matang tersebut buat bulatan-bulatan dan satu persatu tutup dengan plastik dan pipihkan setipis mungkin dengan kaca ata papan.
  • simpan ke wadah penjemuran dan jemurlah.
  • ketika setengah kering di gunting kecil-kecil dan jemur kembali hingga kering.
3. Penadah Bahan Mentah Kripik Beledag
Para distributor banyak juga yang membutuhkan bahan mentah kripik beledag, anda bisa menjadi penadah dari produsen bahan mentah keripik beledag kepada para distributor keripik beledag. biasanya target pasar dari luar kota banyak yang membeli bahan mentahnya
 
4. Produsen Keripik Beledag Matang
untuk menjadi produsen keripik beledag yang sudah matang, bahan mentahnya bisa memproduksi sendiri atau beli dari para produsen bahan mentah atau dari penadahnya.
bahan mentah tersebut digoreng  dengan sedikit minyak bahkan hampir tanpa minyak  dan beri bumbu racikan hingga setengah matang, dinginkan lau bungkus dengan rapi. pasarkan kepada para distributor atau anda bisa segaligus menjadi distributornya.

5. Distributor dan Pengecer Keripik Beledag
Untuk menjadi distributor anda bisa membeli keripik yang sudah jadi dari produsen, pasarkan kepada para pengecer seperti ke warung-warung atau ke pasar-pasar.

jika bisa anda bisa menghandle semuanya maka keuntungannya pasti lebih besar tapi yang terpenting lagi bisa menciptakan lapangan usaha dan lapangan pekerjaan.


script Google adsense
Blog, Updated at: 17:44

3 komentar:

  1. boleh kasih info penadah bahan mentah keripik beledag kak?

    ReplyDelete
  2. Hbis di jemur harus di goreng lagi atau engga?

    ReplyDelete
  3. Saya pengen tau alamat pabrik keripik kacanini

    ReplyDelete

Entri Populer

Menu :

Video Forex Terbaru