Perencanaan Keuangan Untuk Memulai Usaha

Posted by

Untuk memulai usaha baik dibidang usaha rumahan maupun bisnis hal yang diperlukan adalah memilih/memiliki produk atau jasa, strategi promosi  dan perencanaan keuangan.
Pada kali ini yang akan dibahas mengenai perancanaan keuangan, hal ini sangatlah penting namun masih banyak pelaku usaha yang mengabaikannya.
Tujuan diadakannya perencanan yaitu untuk menghindari kerugian atau hal yang tidak diharapkan pada tahap awal merintis usaha. 
Berikut saya share beberapa tips untuk menjaga kestabilan keuangan 

1. Siapkan Dana Cadangan
Pada tahap merintis usaha permodalan sangatlah diperlukan, untuk menghindari keadaan yang tidak menyenangkan sebaiknya siapkan dana cadangan, tujuan dari dana cadangan ini digunakan ketika keadaan darurat, kerugian ataupun ketika usaha yang dijalankan tidak sesuai harapan kita bisa merintis usaha baru dengan dana cadangan.
2. Memulai Usaha Tanpa Utang
Ketika memulai bisnis sangat tidak dianjurkan untuk memiliki utang, sebaiknya memulai usaha disesuai dengan kemampuan keuangan, kita tidak tahu usaha yang dilakukan akankah sesuai harapan atau malah sebaliknya. jika sudah terlanjur memiliki utang maka usahakan untuk melunasinya terlebih dahulu.

3. Gunakan Modal Kecil Terlebih Dahulu
Jika punya modal besar sebaiknya gunakan modal kecil terlebihdahulu dahulu sebagai percobaan, jika terlihat usaha sudah besar maka bisa tambah modal atau pergunakan dana yang dimiliki.
 
4. Buat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan 
Tujuan diadakannya catatan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran, juga akan tahu keuntungan dan kerugiannya jangan sampai besar pasak dari pada tiang selain itu anda akan berfikir bagaiman cara untuk meningkat penghasilan.


script Google adsense
Blog, Updated at: 20:36

2 komentar:

  1. hemm.. yang nomor 2 saya setuju sekali gan.. ;)
    Kalau memang mau berhutang setidaknya kita harus benar2 memperhitungkan apakah kita dapat melunasinya di hari kedepan.. ;) Nice Blog, Nice Article, Keep Writing High Quality and Original Content ;) Salam Blogger [www.caraseoblogger.com]

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih telah berkunjung gan... salam blogger

      Delete

Entri Populer

Menu :

Video Forex Terbaru